Kota-Kota Di Indonesia Yang Memiliki Suhu Udara yang Sangat Panas



 Kota-Kota Di Indonesia Yang Memiliki Suhu Udara yang Sangat Panas - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki iklim yang tropis,jadi bukanlah hal aneh apabila di Indonesia mengalami suhu udara yg panas. Hal ini terjadi karena letak geografis Indonesia yang membujur di garis khatulistiwa. Mulai dari barat hingga timur, wilayah kita berada di garis yg semetris dengan garis khatulistiwa yang menjadikan Indonesia mengalami iklim Tropis. Dari beberapa sumber yg sudah saya baca , inilah 10 kota di Indonesia yang memiliki suhu udara paling panas di bandingkan kota lainnya. yuk mari disimak!!!

1.       Pekan baru.

Hasil gambar untuk Pekan baru.
Foto : riaucitizen.com

Kota pekan baru merupakan ibu kota dari provinsi Riau. Kota bertuah ini dikatakan memiliki suhu udara berkisar antara 32-36derajat celsius apabila saat siang hari. Terutama apbila matahari sedang berada tepat di atas.

2.       Dumai, Riau

Hasil gambar untuk Dumai, Riau
Foto : folktalesnusantara.blogspot.com

Masih berada di Riau kota selanjutnya yg menyandang sebagi kota terpanas adalah kota Dumai. Dulunya Dumai merupakan kota terluas ke-2 setelah kota Manokwai. Suhu uara di kota ini bisa sangat panas siang hari. Rata-rat suhunya akan berkisar dari 32-36 derajat celcius setiap tahunnya,terutama apabila sedang memasuki musim kemarau

3.       Surabaya, Jawa Timur

Hasil gambar untuk Surabaya, Jawa Timur
Foto : blog.f3vision.com

Kota terbesar ke-2 di Indonesia ini juga menyandang sebagi kota terpanas yg ada di Indonesia. Kota yang mempunyai lambang Hiu dan Buaya ini memiliki suhu udara yg rata-rata mencapai antara 31-34 derajat celcius.

4.       Pangkalan Kerinci, Riau

Hasil gambar untuk Pangkalan Kerinci, Riau
Foto :pekanbaru.tribunnews.com

Ibu kota dari kabupaten Pelalawan yg terletak di jalan raya Lintas Timur, Sumatera. sehingga kota ini sangat berpotensi untuk berkembang ini memiliki suhu udara rata-rata yang mencapai 31-35 derajat celcius.


5.       Cirebon, Jawa Barat.

Hasil gambar untuk Cirebon, Jawa Barat.

Kota yg berada di pesisir utara pulau jawa atau yg biasan dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta – cirebon – Semarang – surabaya ini juga masuk kedalam jajaran kota panas yg ada di Indoesia. Bahkan suhu rata- rata dari udara di kota ini bisa mencapai antara 31 – 34 derajat Celcius.

6.       Bengkalis, Riau

Hasil gambar untuk Bengkalis, Riau
Foto : monitorriau.com

Kembali ke  provinsi Riau, selanjutnya ada kota bengkalis yg terkenala akan ikan terubuknya. Kota yang wilayahnya mencakup daratan bagian timur pulau Sumatera dan wilayah kepulauan dengan luas sekitar 7.793,93 km persegi. Kota ini masuk kedalam jajaran kota teroanas di Indonesia karena suhu udara di kota ini bisa mencapai 33 – 36 derajat celcius.

7.       Medan, Sumatera Utara.

Hasil gambar untuk Medan, Sumatera Utara.
Foto :  pengendolan.com
Medan merupakan ibu kota dari provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar ke -3 setelah kota jakarta dan surabaya. Suhu Udara kota ini bisa mencapai antara 30 – 35 derajat celcius pada siang hari, apalagi jika memasuki musim kemarau, suhu udara di kota ini bahkan bisa lebih panas lagi.

8.       Limapuluh, Sumatera Utara

Gambar terkait
Foto : kodesingkatan.com

Masih dari Provinsi yang sama dengan Kota Medan, Selanjutnya ada Limapuluh. Limapuluh merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Batu Bara. Suhu udara di Kota ini bisa mencapai rata-rata 31 – 34 derajat celcius pada siang hari.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Bunga Sakura

Jenis-Jenis Belimbing Hingga Manfaat Belimbing

Terancam Punah, Inilah 5 Jenis Badak Yang Masih Bertahan Hidup