Terancam Punah, Inilah 5 Jenis Badak Yang Masih Bertahan Hidup




Hasil gambar untuk badak
Foto : sains.kompas.com

 Terancam Punah, Inilah 5 Jenis Badak Yang Masih Bertahan Hidup - Badak adalah lima spesies hewan dari familia Rhinocerotidae yg semuanya berasal dari Afrika dan Asia. Badak memiliki tubuh berukuran besar dan dapat bobotny dapat mencapai lebih dari 1 ton. Badak juga memiliki cula ada yg 1 atau 2 yg terletak di bagian tengah dahinya. Berbeda dengan tanduk yg merupakan inti dari tulang, cula badak hanya terdiri dari keratin. Banyak pengobatan tradisional yg masih menggunakan cula badak sebagai obatnya sedangkan di Yaman dan Oman, cula badak digunakan sebagi pegangan pisau.

Kulit badak biasanya memiliki tebal yang berkisar 1.5-5 cm yg berbentuk seperti lapisan kolagen. Badak juga memiliki kelebihan pada penciumannya,yaitu penciumannya yg sangat tajam, namun badak tidak dapat melihat jauh.

Saat ini badak dinyatakan sebagai hewan yg sangat dilindungi di dunia ini.hal ini terjadi karena banyaknya terjadi perburuan cula badak. Cula badak memiliki harga yg sangat tinggi dan dihargai sebesar 250.000 juta US Dollar. Untuk mencegah perburuan badak yg semakin besar, dikerahkan sebuah tentara bersenjata api untuk melindungi badak. Bahkan mereka diperbolehkan untuk membunuh para pemburu di tempat. Namun perburuan cula badak masih terjadi karena masih banyaknya permintaan dari Cina dan Vietnam.

Badak termasuk kedalam golongan hewan herbivora, walaupun begitu hewan ini termasuk hewan yg berbahaya. Di India dan Nepal, badak menjadi salah satu penyebab utama kematian yg terjadi, melebihi dari korban hewan-hewan karnivora lainnya. Bahkan pernah terjadi insiden dimana badak menyerang gajah yg membawa para wisatawan.

  Saat ini hanya tersisa 5 spesies badak yg ada di Dunia dan 2 di antaranya ada di Indonesia. Berikut merupakan spesies- spesies badak yg masih bertahan hidup saat ini :


1.       Badak Putih.

Hasil gambar untuk Badak Putih.
Foto : tribunnews.com

Badak putih merupakan salah satu dari 5 spesie badak yg masih bertahan dan merupakan spesies badak yg paling besar. Dan juga badak putih memiliki mulut yg lebar yg digunakan untuk memakan rumput dan merupakan badak yg paling sosial dari semua jenis badak.badak putih terdiri dari 2 subpesies yaitu ; badak putih selatan yg berjumlah sekitar 19.682-21.077 ekor yg hidup dia alam liar, dan badak putih utara yg jauh lebih langka lagi. Sudan yg merupakan badak jantan terakhir dikabarkan meninggal pada 19 Maret 2018 di Kenya.

2.       Badak Hitam

Hasil gambar untuk    Badak Hitam
Foto : zonavertikal.blogspot.com

Badak Hitam merupakan badak yg berasal dari Afrika Timur dan selatan. Walaupum dinamakan sebagai badak hitan nyatanya badak ini tidak benar-benar memiliki warna hitan melainkan warna variasi antar coklat ke abu-abu. Badak hitam dewasa dapat tumbuh samapi ketinggian 140-180 cm sedangkan badak betina biasanya akan cenderung lebih pendek dari badak jantan.

 Spesies ini secara keseluruhan dinyatakan sebagai hewan yg sangat dilindungi karena populasinya yg sangat kritis. Badak ini memiliki 3 subspesies yg salah satu diantarnya sudah dinyatakan punah Oleh IUCN pada tahun 2011

3.       Badak jawa

Hasil gambar untuk Badak jawa
Foto : greeners.co

Badak jawa memiliki kekerabatan dekat dengan badak india. Badak jawa merupakan badak dengan bentuk tubuh terkecil daripada jenis badak lainnya dan juga memiliki bibir atas yg lebih panjang dari bibir bawahnya. Bentuk bibirnyanya lancip menyerupai belalai pendek yg berfungsi untuk mengambil makanan. Perbedaan yg mencolok dari badak jawa jantan dengan badak jawa betina adalah bentuk cula yg ada di dahinya.

 Badak jantan memiliki cula tungga yg tumbuh di bagian depan kepalanya dan sering disebut dengan cula “melati” sedangkan badak betina jawa terkadang memiliki cula yg kecil dan berbentuk seperti kepalan tangan dan sering disebut dengan cula “batiok”

4.       Badak Sumatera


Hasil gambar untuk Badak Sumatera
Foto : gosumatra.com

Seperti namanya badak ini berasal dari Pulau Sumatera. Badak sumatera terdiri dari 3 subspesies yaitu Badak Barat Sumatera, Badak Utara Sumatera, dan Badak Timur Sumatera Dan Badak Utara Sumatera sudah dinyatakan punah dan subspesies yg lain masih ada namun, tidak dalam jumlah yg banyak. Keunikan dari badak jenis ini adalah bulunya yg cukup panjang menyelimuti seluruh tubuhnya.

Pada masa bayi,badak sumatera akan di selimuti dengan bulu yg sangat leah. Seiringnya dengan pertambahan usia, bulu yg menyelimutinya akan mulai berkurang dan taka akan selebat saat masih bayi. Ciri lain dari badak ini selain memiliki bulu adalah bentuk bibir atas yg melengkung-mengait ke bawah.

5.       Badak India

Hasil gambar untuk Badak India
Foto : wikiwand

Jenis dari badak india memiliki kulit yg berwarna cokelat abu-abu dengan lipatan merah dan pundak serta kaki bagian atas tertutupi oleh benjolan yg terlihat seperti kutil. Pada badak jantan lipatan pada lehernya lebih besar daripada badak betina. Cula yg ada dihidungnya mempunyai bentuk yg unik, yaitu akan membentuk sedikit kebelakang. Cula ini ada pada badak dewasa dan tidak ada pada badak yg masih kecil.

 Diantara mamalia yg ada di Asia badk ini menempati posisi kedua sebagai hewan yg memiliki ukuran besar setelah gajah. Dan juga termasuk badak terbesar ke-2 yg ada di dunia setelah badak putih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Bunga Sakura

Jenis-Jenis Belimbing Hingga Manfaat Belimbing