Tips Dalam Belajar Copywriting Yang Baik Dan Benar





Gambar terkait  Copywriting
Foto : earlytorise.com

Tips Dalam Belajar Copywriting Yang Baik Dan Benar - Copywriting. Ada yg tahu arti dari kata yg satu ini? atau pernah mendengar kata ini? untuk masyarakat luas mungkin ada sebagian orang yg sudah paham dari kata ini.Nah, aku akan memberikan pengertian dari kata . Copywriting adalah sebuah teknik menghasilkan tulisan yg akan membuat pembaca memberikan respon seperti yg kita inginkan. Copywriting menjadi teknik marketing yg banayk digunakan pada saat ini, terutsms pada dunia bisnis yg menggunakan dunia internet marketing.

Branding dan Marketing merupakan suatu hal yg penting dalam dunia bisnis, baik online maupun offline. Dalam penerapannya ini copywriting adaldah salah satu teknik yg paling efektif. Pasti akan ada yg bertanya, mengapa harus menggunakan copywriting? Karena copywriting adalah teknik promosi dengan menggunakan teknik pengolahan kata yg baik. untuk memahami copywriting sebenarnya tidaklah sulit. Kreativitas dalam pengolahan kata dan teknik dasar perlu dipahami terlebih dahulu


Jenis- jenis copywriting


Copywriting di bagi menjadi 2 jenis cara berjualan

1.       Hard selling

Hard selling adalah cara berjualan secara terang-terangan. Namun, banyak yg menganggap jika cara yg satu ini kurang efektif. Dimana kita akan menjelaskan produk yg kita tawarkan dan menarik orang untuk membeli produk tersebut.

 2.       Soft selling

Jika hard selling, melakukan dengan cara yg sangat terlihat berjualan dengan sangat terang-terangan maka soft selling adalah teknik berjualan dengan cara yg halus, kita bahkan tidak akan terlihat berjualan. Dalam teknik ini akan dimasukkan juga teknik copywritting. Kita akan mengolah kata menjadi sebaik mungin agar tidak terkesan seperti berjualan dan memaksa orang untuk membeli. Cara yg ini sangat sering dipergunakan dan dianggap merupakan cara yg sangat efektif.

Manfaat dari copywriting.


Banyak orang yang bertanya-tanya, apa sih manfaat dari copywriting itu sendiri. mungkin diantara kamu juga ada yg berpikiran seperi itu. Secara umum, sebenarnya copywriting digunakan untuk meningkatkan efektifitas marketing. Sedangkan dalam dunia periklanan, copywriting akan meingkatkan daya tarik orang-orang akan iklan yg disajikan.

 Tips membuat copywriting yg sederhana tapi menjual.


Ada yang pernah dengar istlah “ tidak ada kemewahan yg lebih tinggi daripada kesederhanaan” ?  sebelum kita membahas tentang tips membuat copywriting, kita juga harus tahu bagaimana copywriting yg bagus. Mungkin searang ini banyak copywriting yg menggunakan kata-kata yg terlalu berlebihan untuk menarik konsumen. Sebenarnya hal tersebut bukanlah hal yg dipermasalahkan, namun yg menjadi masalahnya adalah adanya ketidakjujuran dalam menawarkan produk. Copywriter yg baik adlaah merekan yg mengatakan sebenarnya tanpa melebih-lebihkan sesuatu. 

 Nah, berikut meupakan beberapa tips dalam membuat copywriting yg baik

1.       Hanya memiliki satu tujuan


Copywriting yg sederhana memiliki tujuan untuk menjual beberapa barangnya dalam satu bulan, atau memperkenalkan produk baru dengan cepat. Tujuan dalam copywriting merupakan hal yg sangat penting dalam memasarkan produk.

2.       Merancang strategi pesan


Pertama, hal yg harus dipikirkan adalah produk seperti apa yg akan di jual dan bagaimana cara untuk menarik perhatian serta yg paling penting adalah faktor-faktor yg harus dikembangkan dengan strategi.

3.       Memilih judul yg menarik.


Djudul yg menarik pastinya akan merangsang pembaca untuk meneruskan bacaan sampai selesai.  Oleh karena itu, kita harus membuat judul dengan semenarik mungkin agar para pembaca membaca produk yg kita tawarkan.

4.       Buatlah percakapan.


Hal yg satu ini cukup mudah dilakkan bagi mereka yg memang ahli dalam melakukan sebuh percakapan. Berbicaralah dengan pembeli seolah-olah mereka meman berada disanan. Salah satu kegagalan dalam menjual produk adalah sering adanya kekurangan komunikasi antara si pembeli dan penjual. Untuk membuat sebuah percakapan, gunakanlah kata-kata yg informal, terdengar alami, dan jelas. Hindari percakapan yg terlalu panjang.

5.       Menerapkan prinsip AIDCA


Copywriting yg sederhana akan terjual apabila memenuhi kriteria dari AIDCA yaitu : 
  • Attention :  bersifat menarik dan menggoda para pembaca
  • Interest : menarik perhatian atau minat
  • Desire : dapat memengaruhi hasrat pembaca
  • Conviction : menyakinkan pembaca
  • Action : menghasilkan tindakan yg diinginkan dari pembaca



Contoh penerapan Copywriting. 

Copywriting biasanya digunakan untuk internet marketing dan jenis marketing lainnya namun menggunakan media tulisan. Salah satu contoh penerapan copywriting dalam dunia internet marketing adalah ketika berjualan secara online di sosial media.

 Selain itu, copywriting juga seing digunakan dalam media promosi lainnya seperti spanduk atau brosur. Copywriting juga sering digunakan dalam graphic design.  Apakah ada yg tahu bahwa selain dilihat dari nilai estetikanya, sebuah desain juga dilihat dari nilai fungsi dan juga efektivitasnya.

Demikianlah artikel yang saya tulis tentang Tips Dalam Belajar Copywriting Yang Baik Dan Benar . Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sekalian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Jenis Bunga Sakura

Jenis-Jenis Belimbing Hingga Manfaat Belimbing

Model Baju Yang Sedang Hits