Tips Dalam Belajar Copywriting Yang Baik Dan Benar
Foto : earlytorise.com
Tips Dalam Belajar Copywriting Yang Baik Dan Benar - Copywriting. Ada yg tahu arti dari kata yg satu ini? atau pernah mendengar
kata ini? untuk masyarakat luas mungkin ada sebagian orang yg sudah paham dari
kata ini.Nah, aku akan memberikan pengertian dari kata .
Copywriting adalah sebuah teknik menghasilkan tulisan yg akan membuat pembaca
memberikan respon seperti yg kita inginkan. Copywriting menjadi teknik
marketing yg banayk digunakan pada saat ini, terutsms pada dunia bisnis yg
menggunakan dunia internet marketing.
Branding dan Marketing merupakan suatu hal yg penting dalam dunia bisnis,
baik online maupun offline. Dalam penerapannya ini copywriting adaldah salah
satu teknik yg paling efektif. Pasti akan ada yg bertanya, mengapa harus
menggunakan copywriting? Karena copywriting adalah teknik promosi dengan
menggunakan teknik pengolahan kata yg baik. untuk memahami copywriting
sebenarnya tidaklah sulit. Kreativitas dalam pengolahan kata dan teknik dasar
perlu dipahami terlebih dahulu
Jenis- jenis copywriting
Copywriting di bagi menjadi 2 jenis cara berjualan
1.
Hard selling
Hard selling adalah cara berjualan
secara terang-terangan. Namun, banyak yg menganggap jika cara yg satu ini
kurang efektif. Dimana kita akan menjelaskan produk yg kita tawarkan dan
menarik orang untuk membeli produk tersebut.
2.
Soft selling
Jika hard selling, melakukan dengan
cara yg sangat terlihat berjualan dengan sangat terang-terangan maka soft
selling adalah teknik berjualan dengan cara yg halus, kita bahkan tidak akan
terlihat berjualan. Dalam teknik ini akan dimasukkan juga teknik copywritting.
Kita akan mengolah kata menjadi sebaik mungin agar tidak terkesan seperti
berjualan dan memaksa orang untuk membeli. Cara yg ini sangat sering
dipergunakan dan dianggap merupakan cara yg sangat efektif.
Manfaat dari copywriting.
Banyak orang yang bertanya-tanya, apa
sih manfaat dari copywriting itu sendiri. mungkin diantara kamu juga ada yg
berpikiran seperi itu. Secara umum, sebenarnya copywriting digunakan untuk
meningkatkan efektifitas marketing. Sedangkan dalam dunia periklanan,
copywriting akan meingkatkan daya tarik orang-orang akan iklan yg disajikan.
Tips membuat copywriting yg sederhana
tapi menjual.
Ada yang pernah dengar istlah “ tidak
ada kemewahan yg lebih tinggi daripada kesederhanaan” ? sebelum kita membahas tentang tips membuat
copywriting, kita juga harus tahu bagaimana copywriting yg bagus. Mungkin searang
ini banyak copywriting yg menggunakan kata-kata yg terlalu berlebihan untuk
menarik konsumen. Sebenarnya hal tersebut bukanlah hal yg dipermasalahkan,
namun yg menjadi masalahnya adalah adanya ketidakjujuran dalam menawarkan
produk. Copywriter yg baik adlaah merekan yg mengatakan sebenarnya tanpa melebih-lebihkan
sesuatu.
Nah, berikut meupakan beberapa tips dalam
membuat copywriting yg baik
1.
Hanya memiliki
satu tujuan
Copywriting yg sederhana memiliki
tujuan untuk menjual beberapa barangnya dalam satu bulan, atau memperkenalkan
produk baru dengan cepat. Tujuan dalam copywriting merupakan hal yg sangat
penting dalam memasarkan produk.
2.
Merancang strategi
pesan
Pertama, hal yg harus dipikirkan
adalah produk seperti apa yg akan di jual dan bagaimana cara untuk menarik
perhatian serta yg paling penting adalah faktor-faktor yg harus dikembangkan
dengan strategi.
3.
Memilih judul
yg menarik.
Djudul yg menarik pastinya akan
merangsang pembaca untuk meneruskan bacaan sampai selesai. Oleh karena itu, kita harus membuat judul
dengan semenarik mungkin agar para pembaca membaca produk yg kita tawarkan.
4.
Buatlah percakapan.
Hal yg satu ini cukup mudah dilakkan
bagi mereka yg memang ahli dalam melakukan sebuh percakapan. Berbicaralah dengan
pembeli seolah-olah mereka meman berada disanan. Salah satu kegagalan dalam
menjual produk adalah sering adanya kekurangan komunikasi antara si pembeli dan
penjual. Untuk membuat sebuah percakapan, gunakanlah kata-kata yg informal,
terdengar alami, dan jelas. Hindari percakapan yg terlalu panjang.
5.
Menerapkan
prinsip AIDCA
Copywriting yg sederhana akan terjual
apabila memenuhi kriteria dari AIDCA yaitu :
- Attention : bersifat menarik dan menggoda para pembaca
- Interest : menarik perhatian atau minat
- Desire : dapat memengaruhi hasrat pembaca
- Conviction : menyakinkan pembaca
- Action : menghasilkan tindakan yg diinginkan dari pembaca
Contoh penerapan Copywriting.
Copywriting biasanya digunakan untuk
internet marketing dan jenis marketing lainnya namun menggunakan media tulisan.
Salah satu contoh penerapan copywriting dalam dunia internet marketing adalah
ketika berjualan secara online di sosial media.
Selain itu,
copywriting juga seing digunakan dalam media promosi lainnya seperti spanduk
atau brosur. Copywriting juga sering digunakan dalam graphic design. Apakah ada yg tahu bahwa selain dilihat dari
nilai estetikanya, sebuah desain juga dilihat dari nilai fungsi dan juga
efektivitasnya.
Demikianlah artikel yang saya tulis tentang Tips Dalam Belajar Copywriting Yang Baik Dan Benar . Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sekalian
Komentar
Posting Komentar